Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Pelayanan Publik (Public Service) oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi negara. Pelayanan publik oleh birokrasi publik dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat (warga negara) dari satu negara kesejahteraan (welfare state). Dengan demikian pelayanan publik diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara telah ditetapkan.

Berbagai cara telah ditempuh atau dilakukan guna memperbaiki pelayanan publik oleh setiap instansi Pemerintah, namun penyelenggaraan pelayanan publik masih tetap menjadi keluhan masyarakat karena tidak sesuai keinginanmasyarakat. Seluruh pendekatan yang dipergunakan selama ini dalam upaya perbaikan pelayanan hanya berdasarkan kepada perintah sebagai penyedia layanan semata-mata, tidak dipadukan dengan keinginan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Atas pemikiran tersebut maka Unit Pelayanan Dinas Sosial selaku penyelenggara pelayanan publik melakukan kerjasama dengan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah  Kabupaten Magetan selaku unsur pembina pelayanan publik untuk lakukan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Unit pelayanan Dinas Sosial selaku Penyedia Layanan Publik (Public Services Provider).

Penelitian ini dilakukan terhadap kinerja Unit Pelayanan Publik di Dinas Sosial Kabupaten Magetan. Penelitian terhadap kinerja di Unit Pelayanan di Dinas Sosial Kabupaten Magetan dilakukan dengan menggunakan unsur Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Unsur tersebut terdiri dari:

  1. Persyaratan pelayanan;
  2. Prosedur pelayanan;
  3. Waktu penyelesaian pelayanan;
  4. Kewajaran biaya/tarif pelayanan;
  5. Produk spesifikasi jenis pelayanan;
  6. Kompetensi pelaksana pelayanan;
  7. Perilaku pelaksana pelayanan;
  8. Kualitas sarana dan prasarana; dan
  9. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode Survei Simple Random Sampling pada pengguna pelayanan di Dinas Sosial Kabupaten Magetan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara secara langsung. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis indeks tertimbang dan analisis nilai SKM.

MeIalui hasil survey ini, diharapkan agar menjadi motivasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada Unit Pelayanan Dinas Sosial Kabupaten Magetan dalam mewujudkan kinerja penyelenggaraan pemerintah dan meningkatkan akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Magetan khususnya Unit Pelayanan Dinas Sosial dimasa yang akan datang dan kami mohon kepada semua pihak agar dapat memberikan masukan atau kritikan yang sifatnya membangun terhadap hasil survey ini, agar dapat memperbaiki tingkat kesalahan serta menjadi pedoman kepada semua pihak.


Lampiran :

  1. Survey Kepuasan Masyarakat Th. 2020
  2. Survey Kepuasan Masyarakat Th. 2021
  3. Survey Kepuasan Masyarakat Th. 2022
  4. Survey Kepuasan Masyarakat Th. 2023