Dinas Sosial bersama Pendamping Tenaga Dinas Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Magetan, Menggelar kegiatan Bakti Sosial “Giat Home Care Lansia” Selasa tanggal 31 Januari 2023 berlokasi Desa Tulung RT. 02 RW. 03 Kecamatan Kawedanan yang bersinergi bersama sejumlah pihak yakni, Kecamatan Kawedanan, Babinkamtibmas, Babinsa, Puskesmas Kawedana dan Carik, perangkat Desa Tulung Kecamatan Kawedanan.

Program Kegiatan dari Kementrian Sosial Home Care merupakan bentuk peduli dengan keberadaan lansia yang membutuhkan pelayanan, perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan hidup sehari-hari dari pemerintah daerah dan warga sekitar.

Home Care Lansia yang difokuskan pada layanan personal hygiene lansia itu sendiri dengan memotong rambut, memandikan, memotong kuku serta mengganti pakaian baru dan bersih memberikan kasur dan bantal baru. Tidak lupa untuk membersihkan lingkungan rumah yang kumuh dan merapikan barang-barang agar terlihat bersih dan sehat, serta nyaman untuk ditinggali.

Dalam 2 (dua) tahun terakhir Mbah Siyem memang dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, mengingat Mbah Siyem mempunyai pengakit Asam Urat yg tinggi sehingga tidak bisa mengurus dirinya sendiri, dan rumah nya juga tidak terurus. Mbah Siyem tinggal bersama cucunya laki-lakinya yang berumur kurang lebih 19 Tahun (lulus SMP) dan tdk bisa fokus merawat Mbah nya yg dalam kondisi kesot tidak bisa berjalan, tetapi sudah dalam pantauan lintas sektor puskesmas dan Kader Posyandu Lansia. Kurun waktu 3 bln terakhir pihak keluarga lingkungan sudah merasa sangat kewalahan mengingat kondisi kesehatan dan Rumah mbah siyem mengalami kerusakan dan memprihatinkan.

Tetapi dengan adanya hasil Rembugan ataupun temuan dilapangan, rapat koordinasi dari pihak Dinas Sosial, TKSK dan Camat Wilayah Kec. Kawedanan  RT.RW dan Lintas sektor Kec. Kawedanan maka terlaksananya kegiatan HOME CARE di rumah Mbah Siyem RT.002 RW. 003 Desa Tulung Kec.Kawedanan sebagai bentuk Tindak Lanjut yang diberikan Sebagai wujud perhatian & kepedulian dengan melibatkan sejumlah pihak salah satunya Dinas Perkim. Bantuan Sosial yang diterima oleh Mbah Siyem antara lain, bantuan PKH dan KIS.

Dinas Sosial Kabupaten Magetan Bapak Parminto Budi Utomo, S.Sos, MAP menyatakan bahwa kebersihan paling utama dalam taraf hidup lansia dan juga dukungan dari pemerintah dan warga sekitar. Dan Tidak lupa Dinas Sosial Kabupaten Magetan Bapak Parminto Budi Utomo, S.Sos, MAP juga membagikan 10 paket bantuan sembako kepada warga lansia dan kurang mampu yang berada di lingkungan rumah Mbah Siyem RT.002 RW. 003 Desa Tulung Kec.Kawedanan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image